Kamis, 14 April 2011

MANUSIA DAN PENDERITAAN

Penderitaan yang bersala dari kata derita merupakan suatu perasaan sakit yang kita rasaakan dan persaan itu sangatlah tidak menyenangkan. Perasaan yang mungkin pernah kita rasakan, karena penderitaan ini merupakan suatu realita hidup, yang dapat di bagi menjadi penderitaan lahir dan penderitaan batin.
Penderitaan lahir atau lahiriah merupakan penderitaan yang kita rasakan tapi tidak tampak atau kasat mata, sebagai contoh dari penderitaan ini ialah sakit hati, sakit hati yang mungkin disebabkan oleh seseorang yang mungkin sengaja atau tidak untuk menyakiti, seseorang yang tersakiti hatinya ini biasanya sikapnya akan berubah atau menutup dirinya, akan tetapi untuk sebagian orang biasanya melimpahkan rasa sakitnya ini dengan  bercerita dengan seseorang lainnya atau bahasa kerennya ialah curhat. Mungkin dengan jalan ini hati yang tersakiti akan merasakan perasaan yang lebih tenang. Sedangkan penderitaan batiniah ialah penderitaan yang tampak atau dapat dilihat oleh mata. Seperti misalnya kita sakit, ataupun kecelakaan.
          Penderitaan ini biasanya disebabkan karena adanya siksaan, gangguan mental, ataupun memang siksaan ataupun azab dari Tuhan Yang Maha Esa.
Seseorang yang mungkin mengalami penderitaan dalam hidupnya ini mungkin akan merubah sikapnya, misal dari sikap seseorang yang periang mungkin akan lebih cenderung pendiam, penderitaan ini mungkin bisa membawa sikap positif ataupun negatif. Apabila penderitaan ini membawa sikap yang positif, maka itu mungkin kan bagus untuk perkembangan penderitaan tersebut. Akan tetapi apabila yang dibawa adalah sikap yang negatif, mungkin ia akan merasakan suatu penyesalan yang berlebihan, kecewa akan sesuatu, dan mungkin berujung dengan keinginan bunuh diri untuk mengakhiri kehidupannya di dunia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar