Kamis, 14 April 2011

MANUSIA DAN KEINDAHAN

Pengertian Keindahan
        
          Keindahan yang kata dasarnya adalah indah, merupakan suatu cara penilaiaan atau cara penyempaian kita dalam menilai suatu objek, atau sering juga disebut dengan bagus, cantik, elok, dan sebagainya. Keindahan identik dengan kebenaran yang kita rasaakan disaat kita melihat suatu objek tertentu.
          Keindahan yang kerap kali kita melontarkannya kepada seseorang, setelah melihat kemudian menilai sesuatu objek, dimana objek tersebut bisa berupa sebuah benda, yang mana benda tersebut dapat kina nilai dari bentuknya, warnanya atau proses pembuatannya, dimana benda tersebua adalah hasil dari sebuah karya seni. Objek tersebut bisa berupa suatu pemandangan yang merupakan ciptaan dari Tuhan Yang Maha Esa, jadi Tuhan merupakan sumber dari keindahan yang abadi. Ada juga yang mengatakan suatu objek itu berupa tulisan yang mungkin kita kenal dengan sebuah puisi atau sebuah lirik lagu.
Ada juga yang mengatakan objek tersebut adalah manusianya itu sendiri, dimana keindahannya itu merupakan daya pikat, dimana pada saat kita melihatnya maka akan timbul rasa suka dan mungkin rasa cinta kita terhadap objek tersebut, dimana mungkin kita akan mengatakan kepada sumber keindahan tersebut kata-kata yang indah.
Didalam keindahan tersebut terkandung nilai estetik. Nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam pengertian keindahan disebut nilai estetik.nilai estetik tersebut merupakan suatu nilai psikologis yang harus tegas dalam pembedaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar