Kamis, 14 April 2011

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Pengertian Manusia
          Terdapat banyak pendapat mengenai pengertian manusia, jika dipandang dari segi ilmu eksakta, misalnya dari ilmu kima yang menyatakan bahwa manusia merupakan sekumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jaringan sistem yang dimiliki oleh manusia. Adapun dari ilmu fisika yang menyatakan bahwa manusia adalah kumpulan dari berbagai jenis sistem fisik yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan dari energi. Selain itu, masih banyak terdapat ilmu eksakta yang mendefinisikan arti dari manusia tersebut.
Namun jika ditinjau dari sisi Agama,"Berdasarkan studi isi Al-Qur’an dan Al-Hadits, manusia (al-insan) adalah makhluk ciptaan Allah yang memiliki potensi untuk beriman kepada Allah dan dengan mempergunakan akalnya mampu memahami dan mengamalkan wahyu serta mengamati gejala-gejala alam, mempunyai rsa tanggung jawab atas segala perbuatannya dan berakhlak (N.A. Rasyid, 1983: 19)”yang dipaparkan oleh Muhamad Shiroth, Imam Hartojo, dan Reza Nursadewo Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Depok, 1999  (http://www.angelfire.com/id/akademika/msmanagama99.html). Dan juga lain sebagainya.
          Manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa berbeda-beda, bermacam-macam ras dan sukubangsa, akan tetapi juga terdapat kesamaan dari manusia itu sendiri, yaitu sama-sama menjadi penghuni bagi bumi, memiliki nafsu, dan akal pikiran. Manusia diciptakan didalam dua jenis, yaitu laki-laki dan perempuan.
Hakekat Manusia
          Manusia merupakan makhluk yang memiliki tenaga yang dapat mengerakan hidupnya agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia juga makhluk yang rasional yang dapat bertanggung jawab atas perbuatannya, yang dapat mengarahkan hidupnya kedalam tujuan yang positif, yang mampu mengontrol dirinya agar dapat menentukan nasibnya sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Manusia juga dapat berkembangdan terus berkembang untuk terus melanjutkan generasi manusia hingga masa mendatang. Manusia yang semasa hidupnya melibatkan dirinya dalam usaha memajukan dirinya sendiri dan juga memiliki rasa untuk membantu sesama. Manusia yang didalam dirinya juga terdapat kemungkinan berbuat baik atau berbuat jahat, yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Manusia yang merupakan makhluk sosial yang dapat bertahan hidup dengan dibantu oeh orang lain.
Pengertian Kebudayaan
          Didalam kehidupan manusia yang bermasyarakat, terdapat juga kebudayaan hasil dari orientasi manusia dan manusia lainnya. Kebudayaan yang mungkin merupakan hasil dari tingkah laku dan kebiasaan manusia yang lama kelamaan menjadi budaya di lingkungan sekitarnya dan di jaga agar tidak punah dimakan jaman atau tergerus oleh budaya lain. Kebudayaan adalah suatu sistem pengetahuan yang meliputi sistem ide gagasan yang terdapat di dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi social, religi seni dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat. Jaman-jaman sekarang budaya di Indonesia sudah banyak yang dilupakan, itu dikarenakan semakin banyaknya budaya dari luar yang masuk ke Indonesia sehingga budayanya sendiri dilupakan, dan juga semakin sedikit peminat untuk terus memajukan atau setidaknya mepertahankan budaya tersebut, pemuda dan pemudinya telah banyak yang engganuntuk belajar dari budata sendiri, karena mereka budaya tersebut sudah kuno atau apalah sehingga merasa tidak mau dan malu untuk belajar. Sehingga tidak ada penerus dari budaya tersebut sehingga lambat laun budaya tersebut akan hilang dari ingatan diganti dengan budaya asing yang jauh dari pencitraan masyarakat indonesia sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar