Kamis, 09 Desember 2010

MERAWAT BURAYAK CUPANG : Utamakan Kualitas Air dan Pakan

    Salah satu fase terpenting dari siklus hidup cupang adalah ketika mereka masih burayak. Jika perawatan yang dilakukan asal-  asalan, alamat kualitas burayak bakal memudar. Walaupun burayak tersebut dari indukan jawara.Ketika lingkungan memburuk, tentu bakal berpengaruh langsung terhadap kesehata ikan. untuk itu kita harus menekankan 2 hal agar burayak ikan tidak sakit yaitu, kualitas air dan pakan.
    Kualitas air merupakan hal utama yang mesti diperhatikan. Karena kondisi burayak masih dibilang rapuh. Jika kualitas air memburuk, kesehatannya bakal terpengaruh. Karenanya agar kualitas air tetap baik, sebaiknya di dalam kolam buraya diberikan aerator.

    Jika kualtas air sudah terjaga, kini tinggal memperhatikan pakannya.Pada umumnya burayak berumur 1-2 hari masih memiliki cadangan makanan dalam perutnya. Jadi anda tak perlu terburu- buru untuk memberinya makanan. Baru setelah berumur 3 hari, berikan artemia sebagaipakannya. Untuk selingan bisa juga memberinya kutu air halus.
    Setelah anakan ikan berumur 2 bulan, lakukan penyortiran. setelah itu tempatkan anakan cupang kedalam tempat yang terpisah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar