Kamis, 09 Desember 2010

BERTANAM BELIMBING DI HALAMAN : Mudah Tumbuh, Mudah Berbuah

Kali ini saya akan mencoba posting tentang tumbuhan Buah yang mungkin menjadi favorit dari pembaca sekalian. Buah yang berbentuk bintang apabila kita potong ini mempunyai rasa yang manis, akan tetapi banyak juag varietas belimbing yang mempunya cita rasa asam atau sepat.
   
    Umumnya belimbing ditanam di tanah. Karena dirawat dengan baik, maka tidak akan berhenti berbuah. Buah muncul susul- menyusul. Saat sebagian buah sudah matang, sebagian lagi masih sejempol tangan. bahkan bungan baru mulai akan mekar.  Masa panen sebenarnya yaitu 3 tahun sekali, apabila dikelola dengan serius maka akan menambah penghasilan.

    agar berbuah optimal, maka harus menambahkan nutrisi pupuk kandang setiap 4 bulan sekali. Dan juga menambahkan pupuk NPK seimbang (15:15:16) sebanyak 2 kg untuk pohon dewasa. Buah belimbing pada umumnya berbuah di batang atu di dahan. Untuk merangsang munculna bunga, perlu pemangkasan usai panen. Dengan begitu sinar matahari bisa menembus sampai kebatang sehingga merangsang pembuahan.
    Usai pemangkasan biasanya dilakukan penyemprotan pupuk dan perangsang buah. perlu juga disemprotkan pestisida agar dapat mengendalikan hama. Bisa dilakukan 2 minggu sekali agar hasilnya maksimal, penyemprotan bisa dihentikan ketika buah sudah mulai tumbuh seukuran jempol tangan.

Bisa Tabulampot
    Belimbing juga lazim ditanam dalam pot. Belimbing masu kedalam kategori mudah berbuah dengan perawatan standar. Dan jenis belimbing yang menjadi favorit untuk di tanam di pot atau di tabulampotkan adalah jenis belimbing Dewi atau Dewa.
    Bibit pada umumnya merupakan hasil dari perbanyakan vegetatif melalui okulasi. Umur setahun biasanya sudah mulai berbunga dan mulai belajar untuk berbuah. Namun sebaiknya pada umur segitu jangan dibiarkan berbuah karena batangnya belum kuat untuk menyangga buah dan hasilnya tidak akan maksimal. Idealnya, taulampot belimbing dibiarkan berbuah setelah berumur 2 tahun. Saat itu batangnya minimal sudah seukuran jempol tangan orang dewasa.
    Media tanaman merupakan campuran tanah merah, sekam mentah dan pupuk kandang. Komposisi masing- masing bahan seimbang. Pemupukan menggunakan NPK sebulan sekali sudah cukup untuk membuatnya berbuah. Lakukan penyiraman sehari sekali. Kalu telat air, daunnya bisa menguning dan rontok. Agar buahnya lebih bagus, lakukan pemangkasan. Lalu di pupuk NPK Nitrogen rendah.
    Belimbing paling cocok ditanam di dataran rendah. Di dataran tinggi, belimbing sulit untuk berbuah. Ketinggian yang ditoleransi 300 mdpl. Belimbing menyukai sinar matahari penuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar