Kamis, 09 Desember 2010

BISNIS PAKAN IKAN : Minim Resiko Untung Besar

    Usaha pakan ikan terbilang aman dan mini resiko. Target pasarnya jelas dan volume permintaan stabil. Meski harga meroket, petani tetap bertahan. itu karena konsumsi ikan masih menjadi sumber protein favorit.

    Pakan ikan merupakan komponen produksi wajib dalam bidang perikanan. Peluang usaha yang layak di lirik. Pelaku bisnis meski pintar dalam memilih lokasi usaha. Pabrik pakan harus berlokasi dekat dengan sentra petani ikan. tempat usaha sebaiknya juga berada didekat sumber bahan baku pembuatan pakan ikan.


Meracik Bahan Baku
    Bahan baku pakan disesuaikna dengan ketersediaan sumberdaya alam setempat. Pakan ikan bisa diracik dari bahan kaya protein. Bersumber dari hewan maupun tumbuhan. Bahan baku pakan harus memenuhi beberapa syarat pokok. Menagndung nutrisi tinggi, mudah diperoleh, gampang di olah, murah, bukan makanan pokok manusia, butiran halus dan mudah dihaluskan.
    Bahan baku yang umum digunakan adalahjagung, dedak padi, bungkil kedelai, dedak gandum, tepung ikan, minyak ikan, minyak makan, minyak sawit, mineral dan asam amino.Komposisi tiap bahan diramu sesuai kebutuhan jenis ikan.
    Secara garis besar proses pembuatan pakan ikan terbagi kedalam 5 langkah. Masing- masing bahan dihaluskan dengan bantuan mesin hammer mill. kemudian bahan diayak. Bahan yang sudah jadi tepung kemudian ditakar sesuai komposisi masing- masing dan dicampur kedalam mesin mixer. Supaya aroma pakan muncul, bahan baku dikukus kedalam peranti steam. Kemudian dicetak menjadi butiran pelet, mengunakan mesin pelet. langkah terakhir, pendinginan. Pelet dikeringka dengan alat blower.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar