Senin, 22 November 2010

PAKAN ALAMI : Jenis- Jenis Pakan Alami

sekarang saya akan memposting jenis-jenis pakan alami apa saja yang dapat diberikan untuk ikian hias kesayangan kita, semoga setelah ini anda dapat lebih memberikan pakan yang bervariasi, terutama pakan alami yang terkenal dapat membongsorkan dan memberikan daya tahan  yang lebih bagi ikan hias.
Tingginya angka kematian ikan hias piaraan selain dikarenakan penyakit, juga dikarenakan lancer tidaknya pasokan makanan yang berkhasiat dan baik bagi ikan dan disukai. Pakan alami ini biasanya berupa cacing- cacingan, larva serangga, dan udang renik. Ukurannya bermacam- macam, sehingga dapat diberikan sesuai ukuran dan usia ikan yang kita pelihara.  Pakan ikan alami ini juga dapat diperoleh dengan mudah dan gratis.  Dan juga pakan alami ini juga banyak dijual di took ikan hias apabila kita tidak mempunyai waktu untuk berburu pakan alami ini.
Jenis – Jenis Pakan Alami
Di kalanyan pembudidaya ikan ada beberapa jenis pakan alami yang berprotein tinggi yang lazim diberikan kepada ikan hias. Diantaranya : 

Infusoria

Merupakan protozoa yang sangat cocok diberikan pada burayak setelah makanan cadangannya habis. Protozoa ini kebanyakan hidup di air tawar seperti kolam, sawah, rawa, dan perairan tawar tergenang lainnya
.
Rotifera

Merupakan sekumpulan jasad renik yang tubuhnya mempunyai korona bulat yang berambut getar. Rotifer sendiri termasuk salah satu kelas udang renik ukurannya antara 50-300 mikron.  Jenis Rotifera yang sering ditemukan ialah Brachionus. 

Kutu Air

Kutu air yang dimaksud dikalangan perikanan bukan kutu, tetapi udang renik Cladocera. Bentuk tubuh pipih, bening tembus pandang.

Cacing Sutra

Cacing juga merupakan pakan yang sangat akrab dengan kehidupan ikan hias. Sebagai makanan yang nikmat bagi ikan hias, cacing ini juga dapat memacu pertumbuhan burayak.

Jentik Nyamuk

Satu lagi pakan alami yang terkenal memiliki protein yang tinggi. Makanan yang disukai hamper oleh setiap jenis ikan hias tanpa resiko sampingan. Jentik nyamuk ini biasanya mudah dan dapat ditemukan di air selokan, comberan, parit, rawa dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar