Senin, 22 November 2010

BETTA SP (CUPANG) : Jenis- Jenis Betta Sp



Sistematika
·         Ordo                : Percomorphoidei
·         Sub-Ordo        : Anabantoidei
·         Famili              : Anabantidae
·         Genus              : Betta
·         Spesies                        : Betta Splendens Regan
Asal                       : Sumatera, Jawa, Kalimantan, Thailand, Singapura, dan Malaysia
Nama Inggris        : Fighting Fish
Nama Lain                        : Laga / Adu

Tulisan mengenai ikan Cupang ini semoga dapat memeberikan pengetahuan baru lagi bagi para pembacanya. Mudah –mudahan dapat memuaskan para pembaca terutama bagi para Hobiis ikan hias d Indonesia.
Di khalayak penggemar Ikan Hias d Indonesia, ikan yang gemar “adu jotos” ini lebih popular dengan nama ikan Cupang. Sebutan ini sebetulnya salah kaprah, karena ikan yang bernama cupang sama sekali tidak gemar berlaga. Ikan yang bersifat karnivora ini kebanyakan sangat agresif, terutama si Jantan, sehingga sering berkelahi bila dicampurkan dalam satu tempat.
Ikan yang berasal dari Sumatera, Jawa, Thailand, Singapura dan Malaysia ini memiliki banyak spesies dan masing – masing memiliki keunggulannya sendiri.
Cupang sangat  banyak pengemarnya sehingga banyak pula diadakan ontesnya. Budidayanya juga sudaj lama dikerjakan orang sehingga selain jenis asli atau spesiesnya yang sudah banyak masih banyak pula varietas yang baru yang semakin cantik dan menarik hasil rekayasa persilangan para hobiis. Pemeliharaan ikan Cupang ini terbilang cukup mudah, selain ukuruannya yang lumayan kecil juga dapat di pelihara di tempat yang kecil pula. Hanya saja yang pasti kondisi yang cocok serta pakan yang sesuai agar ikan ini dapat bertahan hidup lebih lama dan tampak cantik sesuai dengan keinginan kita.


JENIS- JENIS CUPANG

Secara umum orang membagi ikan cupang kedalam tiga kelas yaitu cupang adu, cupang alam dan cupang hias. Cupang adu merupakan cupang yang memiliki badan yang kekar, kuat dan sirip pendek serta yang terpenting adalah keagrsifannya yang lebih tinggi dibanding dengan jenis cupang yang lain. Sedangkan cupang alam adalah cupang yang masih baru diambil dari alam seperti dari sungai- sungai atau rawa-rawa, umumnya belum banyak atau sama sekali belum dibudidayakan. Cupang hias merupakan cupang yang mana hasil persilangan antara cupang adu dan cupang alam yang sengaja dipilih yang mempunyai kualitas yang baik secara fisik seperti sirip yang lebar, bentuk yang bagus dan umumnya lebih anggun dan karakternya lebih lembut.

 Betta anabatoides
 
 Dengan nama umum pearly betta dan nama daerah cupang mutiara. Banyak dijual di pasar ekspor. Ukurannya mencapai 12 cm. Bentuk badan agak  silinder, agak kuning kehijauan, ada warna gelap disisi tubuh, sirip dubur panjang warna kehijauan. Tersebar di perairan Sumatera, dan Kalimantan.

Betta channoides

Merupakan salah satu cupang yang digemari karena warnanya yang menarik dan keberadaanya yang mudah didapat. Jenis jantan berwarna merah kecoklatan dengan garis putih disiripnya, sedangkan betinanya memiliki warna yang agak pucat. Berukuran maksimal 5 cm. hidup di aliran sungai Mahakam, Kalimantan Timur, pada air yang tenang kecoklatan karena pembusukan dedaunan yang kering danakar pepohonan.

Betta coccina

Mempunyai ukuran tubuh maksimal 5,6 cm yang hampir tidak berbeda antara jantan dan betinanya walaupun kecendrungan betina lebih kecil dibanding jantan. Banyak ditemukan di Jambi, Indonesia.  Juga di Johor dan Melaka, Malaysia. Banyak ditemukan di daerah air hitam.

Betta fasciata w

Atau lebih dikenal dengan betta raja. Ukuran maksimalnya mencapai 10 cm. warna agak biru hitam kehijauan dengan barisan pita- pita melintang di sisi badan. Sirip warna agak gelap. Dan betinanya lebih kecil dan siripnya lebih pendek. Tersebar di perairan Sumatera dan Kalimantan.

Betta imbelis
 
Merupakan cupang yang asli dari perairan Indonesia. Merupakan cupang adu yang sering dijadikan cupang aduan. 

Betta pugnax

Cupang yang berasal dari Malaysia ini dan banyak dari Kalimantan badannya agak memanjang dan agak besar. Ukurannya dapat mencapai 10 cm. 

Betta splendens

Cupang ini merupakan cikal bakal banyaknya jenis dan varietas ikan hias yang dada saat ini. Ukurannya sampai 5 – 5,6 cm. Badan memanjang dengan sirip punggung yang cukup lebar. Sirip ekor agak ditengah dan agak memanjang.

Betta taeniata

Sebagai cupang adu. Ukuran maksimalnya sampai 8 – 9 cm. Badan berbentuk silinder, dengan sirip ekor yang mebulat seperti kipas. Sirip dubur melebar sampai ketengah badan. Warna coklat kehijauan, dengan garis longitudinal dari ujung mulut sampai ke ujung tutup insang. Jantan memiliki warna yang lebih bagus dari pada betinanya. 

Mungkin hanya itu yang dapat saya tulis dalam artikel ini walaupun masih banyak terdapat jenis- jenis  cupang yang lainnya. Semoga dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi para pembacanya. 

1 komentar:

  1. mas, ada nggak artikel yg memuat cara memijah ikan betta imbellis, kalau ada tolong beri

    BalasHapus