Selasa, 04 Oktober 2011

DIGITAL TEORY (NEW MEDIA)


PENGERTIAN NEW MEDIA

            Istilah dari New Media mungkin tidak asing lagi di telinga para penikmat surfer internet, apalagi bagi mahasiswa yang berkuliah di sebuah perguruan tinggi terkemuka, apalagi kita yang sudah termasuk mengikuti perkembangan jaman. Istilah new media atau media baru sendiri dilihat secara kharfiah, Media baru adalah istilah yang luas yang muncul di bagian akhir abad 20 untuk mencakup peleburan media tradisional seperti film, gambar, musik, lisan dan tertulis kata, dengan kekuatan interaktif dari komputer dan teknologi komunikasi, komputer memungkinkan konsumen perangkat dan yang paling penting Internet. media Baru menyodorkan kemungkinan-permintaan akses ke konten kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital, serta masukan dari pengguna yang interaktif, kreatif dan pembentukan partisipasi masyarakat di sekitar konten media. Apa yang membedakan media baru dari media tradisional bukan digitalisasi konten media ke bit, kecuali kehidupan dinamis dari konten baru "media" dan hubungan interaktif dengan konsumen media. Hidup ini dinamis, bergerak, bernafas dan berdenyut mengalir dengan kegembiraan secara real time. Lain janji penting dari New Media adalah demokratisasi "" dari penciptaan, penerbitan, distribusi dan konsumsi isi media. Globalisasi juga berhubungan dengan New media. Munculnya media baru telah meningkatkan komunikasi antara orang di seluruh dunia dan Internet. Hal ini memungkinkan orang untuk mengekspresikan diri melalui blog, situs web, gambar, dan user-generated media lainnya.


PEMANFAATAN NEW MEDIA
            Setelah kita mengetahui apa itu dari sebuah new media, maka kita juga harus mengetahui apa sih kegunaan dari new media tersebu. Penggunaan atau pemanfaatan new media sendiri terdapat kelebihan atau dampak positif dan kekurangan atau dampak negatifnya. Manfaat positif dan negative dari New Media itu sendiri adalah Contoh positifnya, didalam internet tersedia blog, online social network, online forum, web, dll. Online social network contoh salah satunya facebook, dengan facebook kini masyarakat dapat menggunakannya sebagai media untuk bisnis, dapat berkomunikasi dengan teman lama/baru secara efisien, dapat menjadi media untuk iklan, dan masih banyak lagi. Online forum contoh salah satunya kaskus, kaskus juga dapat menjadi media untuk melakukan bisnis, dapat mengambil banyak pengetahuan didalamnya, dapat mengetahui kabar terupdate saat ini sehingga kita tidak ketinggalan zaman. Web sebagai media pempublikasian suatu perusahaan atau organisasi atau band atau suatu komunitas, dll.
Dengan internet informasi yang ingin kita cari sangatlah cepat dan mudah, jadi lebih efisien. 
Disamping itu sisi negatifnya pun ada dari New Media ini, contohnya banyak penipuan penipuan yang tersebar di internet, karena internet lebih efisien membuat orang-orang semakin malas bergerak, yang membuat orang menjadi malas. Kemudian bermain game online yang terlalu banyak membuat kita semakin malas, lupa belajar, lupa makan, dan juga dapat membuat mata kita cepat rusak, karena mata kita ga berhenti-berhenti bertatapan dengan computer. Boleh saja bermain game online untuk refreshing tetapi jangan berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar